• wantilandesaid@gmail.com
  • 0851-5621-8436
News Photo

Tips Berkendara Di Saat Hujan

Tips aman berkendara sepeda motor pada saat hujan perlu diketahui oleh masyarakat untuk mengurangi risiko kecelakaan. Sebab, saat musim hujan beberapa situasi yang tidak terduga seperti tiba-tiba turun hujan saat kita berkendara.

Untuk itu, ada sejumlah tips aman berkendara motor saat hujan. Dirangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Perhubungan dan Portal Berita Resmi POLRI, berikut adalah tips aman berkendara sepeda motor pada saat hujan:

1. Gunakan jas hujan saat berkendara Saat hujan turun sebaiknya kita menggunakan jas hujan ketika berkendara menggunakan sepeda motor. Gunakan mode single supaya lebih praktis dan nyaman.  

2. Periksa ban kendaraan Periksa tekanan ban udara dalam ban agar nyaman saat melaju.

3. Nyalakan lampu kendaraan Nyalakan lampu saat hujan lebat agar kondisi jalan terlihat jelas.

4. Kurangi kecepatan Kurangi kecepatan, jangan rem mendadak agar tidak menyebabkan selip ban karena kondisi jalan licin.

5. Jaga jarak Selalu terapkan jaga jarak dengan pengendara lain, apalagi jarak pandang yang pendek saat hujan.

6. Fokus Waspada genangan air, jalanan berlubang akan tertutup air sehingga berbahaya 7. Pakai helm berkaca Mengenakan helm berkaca dapat melindungi mata dari terkena air hujan.
  
Selain itu, ada sejumlah peringatan yang perlu diperhatikan oleh pengendara saat berkendara di musim hujan, diantaranya: Jangan nyalakan mesin saat terjebak banjir Hati-hati genangan air Jangan berteduh di bawah JPO atau Jembatan Penyeberangan Orang dan terowongan yang dapat mengganggu pengguna jalan lain.

.

Nah, itulah sejumlah tips berkendara sepeda motor saat hujan.

Bagikan Berita Ini

Komentar

DESA WANTILAN