• wantilandesaid@gmail.com
  • 0851-5621-8436
News Photo

Kunjungan Kepala Desa Mataiwoi, Kecamatan Kampungedo Kabupaten Konawe, provinsi Sulawesi Tenggara ke TPS 3R Desa Wantilan

Wantilan - Kepala Desa Mataiwoi Kecamatan Kampungedo Kabupaten Konawe provinsi Sulawesi Tenggara Jeky Sekicyer melakukan kunjungan ke Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang. yang merupakan proyek percontohan pengolahan sampah Saemaul Fondation.
Dalam kunjungannya pada Sabtu (17/7), Jeky Sekicyer mengapresiasi TPS3R yang terus berkembang khususnya terkait kapasitas pengolahan sampahnya.
TPS3R Desa Wantilan dibangun oleh pemerintah Desa Wantilan dan yayasan Global Saemaul Indonesia yang kemudian operasionalnya didukung oleh Pemerintah Kabupaten Subang dan yayasan YGSI.
Lebih lanjut, TPS3R Desa Wantilan juga menjadi percontohan pengolahan sampah dalam program Matching Fund Kedaireka antara Universitas Islam Bandung ( UNISBA ) dengan BUM Desa JAWARA WANTILAN.
Kepala Desa Mataiwoi Jeky Sekicyer melakukan satudi banding dengan bumdes dan TPS 3R Desa Wantilan sebagai bahan perbandingan yang nantinya menjadi patokan implementasi di desa Mataiwoi Kecamatan Kampungedo Kabupaten Konawe provinsi Sulawesi Tenggara
Komarudin menjelaskan Sinergi Pemerintah Desa dan BUMDesa Wantilan menjadi hal utama dalam berlangsungnya pengelolaan sampah di Desa Wantilan.
"Sinergitas Pemerintah Desa Wantilan dan BUMDes merupakan hal utama dalam upaya mengurangi sampah di Desa Wantilan, selanjutnya Hal yang dapat kita terapkan adalah disiplin untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memilahnya, dan menjadikan sampah sebagai sircular ekonomi karena manfaatnya pada kebersihan lingkungan ke depan sangat luar biasa," Pungkas Komarudin. Selain ke TPS3R, Jeky Sekicyer juga mengunjungi BUMDesa Jawara Wantilan.

Bagikan Berita Ini

Komentar

DESA WANTILAN