• wantilandesaid@gmail.com
  • 0851-5621-8436
News Photo

Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita

Pemerintah berupaya semaksimal mungkin agar bisa mewujudkan lingkungan yang bersih dan terjaga. Segala peraturan perundang-undangan sudah tertera jelas, namun banyak sekali pelanggaran dari masyarakat yang tidak menaatinya. Indonesia memiliki warga negara yang mayoritas seorang muslim. Dalam agama islam sudah dijelakan bahwa menjaga lingkungan merupakan suatu keharusan yang dilakaukan karena allah berfirman dalam surah Ar-rumm ayat 41 :


Artinya: "Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)" Q.S Ar- Rum ayat 41.


Di dalam ayat tersebut sangat jelas bahwa berbagai kerusakan yang terjadi di muka bumi adalah akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Allah swt. telah memperingatkan tentang kerusakan yang terjadi di alam dunia ini, baik di darat, laut maupun udara, bukan semata-mata bersifat alami, namun karena ulah perbuatan manusia itu sendiri.


Dari Anas radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:"Tidak seorang pun Muslim yang menanam tumbuhan atau bercocok tanam, kemudian buahnya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang ternak, kecuali yang dimakan itu akan bernilai sedekah untuknya." (HR Bukhari)


Hadist diatas menjelaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan menanam pohon atau bercocok tanam yang bisa dimakan oleh makhluk hidup lain yang bernilai sedekah dan pahalanya terus mengalir.


Selama ribuan tahun, manusia hidup berdampingan dengan alam. Seiring dengan bertambahnya populasi manusia, alam terdesak untuk bekerja lebih keras memenuhi kebutuhan manusia. Kini, saatnya kita membuka mata dan lakukan sesuatu agar generasi penerus dapat menikmati Bumi yang nyaman. sangat penting untuk dipahami masyarakat luas, Karena dengan menjaga lingkungan dapat menghindarkan dari berbagai kerusakan yang merugikan diri sendiri.


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestrarian alam dengan beberapa Langkah kecil diantaranya:

1. Tidak Membuang Sampah di Sungai


2. Tidak membakar sampah


3. Menghemat Energi


4. Menggunakan Produk Daur Ulang


5. Menanam Pohon


6. Melarang Perburuan Liar


Selain dengan cara-cara diatas ada satu peran manusia yang sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan yaitu adanya kesadaran dari diri manusia masing-masing dalam ikut serta menjaga dan melestarikan lingkungan, dengan adanya kesadaran itu secara otomatis sudah mengamalkan nilai Pancasila pada sila ke-2 yaitu kemanusian yang adil dan beradab. Rasa kemanusian bukan hanya ditunjukkan kepada sesama manusia itu sendiri akan tetapi kepada semua makhluk hidup termasuk hewan maupun tumbuhan.

Bagikan Berita Ini

Komentar

DESA WANTILAN