• wantilandesaid@gmail.com
  • 0851-5621-8436
News Photo

KEREN ! Desa Wantilan terpilih sebagai finalis program " Desa Cantik " dari 100 Desa di Indonesia, Mewakili Jawa Barat

Desa Wantilan terpilih sebagai finalis program " Desa Cantik " dari 100 Desa di Indonesia, Mewakili Jawa Barat 


Desa Cantik adalah program dari BPS untuk membina, membangun, dan meningkatkan kompetensi aparat desa agar mampu memahami tentang statistik.

Kepala BPS Kabupaten Subang M. Solihin menyampaikan atas prestasinya itu Desa Wantilan Subang akan mengikuti pelatihan Desa Cantik sebagai finalis 10 besar dari 100 desa yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Alhmdulillah Desa Wantilan sudah punya program basis data, dari program ini dapat mempermudah sinkronisasi data, yang dimulai pendataan-nya dari tingkat desa, sehingga dapat data yang real dan sesuai dengan yang ada di lapangan,” Ujar Solihin

Kepala Desa Wantilan Komarudin, menjelaskan latar belakang dirinya berinisiatif membuat program basis data. Komarudin menuturkan saat dirinya terpilih menjadi Kepala Desa, dirinya mengadakan Minggon desa, dirinya terkejut karena pengurus RT tidak tahu jumlah pasti penduduknya.

“Saat itu ada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) saya turunkan 1 kelompok untuk 1 RW dari 8 RW yang ada di Wantilan. Dari hasil pendataan tersebut berupa dokumen kertas yang masih bertumpuk. Jadi datanya ada tapi belum terintegrasi secara maksimal.”

Komarudin menjelaskan, pihaknya membuat aplikasi pendataan dan meminta pembinaan dari Universitas Islam Bandung (Unisba). Komarudin merasa perlunya aplikasi basis data karena dirinya menginginkan desanya yang terdampak industrialisasi memiliki data yang reliabel sehingga dapat dapat dipergunakan oleh dinas dan instansi terkait.

“Hadirnya Suryacipta membawa dampak besar, untuk lowongan posisi satpam minimal harus SMA, sedangkan saya tidak tahu berapa warga saya yang pendidikannya SMA” Ujar Komarudin.

Dekan FMIPA Unisba Abdul Kudus menyampaikan, pembuatan aplikasi ini merupakan salah satu implementasi tugas dosen yaitu pengabdian masyarakat. Abdul menuturkan, dirinya berasal dari Subang, dan dirinya tertarik karena Desa Wantilan merupakan desa yang aktif dalam hal pendataan, pihaknya memutuskan untuk membantu mengembangkan aplikasi yang digagas oleh Komarudin. Abdul menyatakan data yang ada di aplikasi desa tersebut masih belum tervalidasi oleh instansi yang berwenang, dalam hal ini oleh BPS.

“Kami bekerja sama dengan BPS Jabar dan BPS Subang sebagai perpanjangan tangannya. Saya berharap Desa Wantilan sebagai Desa Cantik menjadi juara di tingkat nasional” ujar Abdul.

Desa wantilan menjadi perwakilan jawa barat dalam program Desa Cantik, Tentunya kabar bahagia ini merupakan pembuktian Pemerintah Desa dalam mempersiapkan Wantilan kedepan, dengan adanya data yang terintegrasi dan terporsir maka mudah bagi pemerintah untuk melakukan langkah yang strategis dalam memutuskan langkah yang akan di ambil.
Di Bimbing oleh Bps Kabupaten Subang
serta di dampingi Universitas Islam Bandung ( UNISBA ) dalam
mengintegrasikan data untuk meembuat pemerintah desa sadar akan statistik untuk membuat sebuah langkah kebijakan yang tepat.
Kunjungan kemarin ke rumah dinas Haji Ruhimat adalah dalam rangka persiapan launching pembinaan desa Cinta Statistik (Cantik) Kabupaten Subang kerjasama antara BPS Jabar Universitas Bandung dan Desa Wantilan yang akan diselenggarakan pada 31 Maret mendatang.


Bagikan Berita Ini

Komentar

DESA WANTILAN