• wantilandesaid@gmail.com
  • 0851-5621-8436
News Photo

Studi Banding Desa Sukodono, Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo ke Desa Wantilan

WANTILAN - Studi banding dari Desa Sukodono, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo ke Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, bertujuan untuk mempelajari pengelolaan TPS 3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle). Rombongan Desa Sukodono yang terdiri dari 20 orang, termasuk aparatur desa, anggota BPD, dan PKK, berangkat untuk memperoleh wawasan dan pengalaman baru.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Wantilan yang menyambut hangat kedatangan rombongan dari Desa Sukodono. Selanjutnya, Kepala Desa Sukodono memberikan sambutannya. Setelah itu, diadakan pemaparan mengenai profil Desa Wantilan yang memberikan gambaran umum tentang desa tersebut.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan presentasi dari BUMDES Desa Wantilan yang menjelaskan tentang peran dan aktivitas BUMDES dalam pengelolaan desa. Bagian utama dari studi banding ini adalah pemaparan tentang TPS 3R oleh pihak Desa Wantilan. Penjelasan ini mencakup tata kelola, operasional, serta dampak positif dari penerapan TPS 3R di desa tersebut.

Setelah sesi pemaparan selesai, dilakukan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan. Setelah isoma, rombongan diajak untuk mengunjungi TPS 3R dan Pusat Daur Ulang Sampah yang dimiliki oleh Desa Wantilan. Di lokasi ini, peserta studi banding dapat melihat langsung proses pengolahan sampah dan teknologi yang digunakan.

Kunjungan diakhiri dengan sesi diskusi di mana peserta dapat bertanya lebih dalam mengenai operasional TPS 3R dan berbagi pengalaman serta tantangan yang dihadapi. Diskusi ini bertujuan untuk memperkaya wawasan dan memberikan ide-ide baru yang bisa diterapkan di Desa Sukodono.

Bagikan Berita Ini

Komentar

DESA WANTILAN